Tebing Keraton Bandung

By June 17, 2017Wisata
Tebing Keraton Bandung
Foto : By Raradieraa
Bandung Utara sejatinya memiliki dinding pemisah dengan Lembang, dinding itu disebut patahan Lembang. Sebuah patahan yang memanjang dari kaki Gunung Burangrang (Cisarua) di barat hingga Gunung Palasari di bagian timur. Patahan Lembang memiliki panjang 22 km, melingkupi daerah Jawa Barat, membentang dari timur hingga barat. Gawir sesar disepanjang jalurnya mencerminkan besaran pergeseran sesar berubah dari sekitar 450 meter di ujung timur (Maribaya dan Gunung Palasari) hingga 40 meter di sebelah barat (Cisarua). Kemudian, sesar menghilang di ujung barat di sekitar utara Padalarang. Pergeseran Patahan Lembang yaitu 4 – 6 mm/tahun.
Tebing Keraton Bandung
Sepanjang sesar patahan Lembang ini memiliki spot-spot yang eksotis. Tebing Karaton di daerah Dago Bandung ini contohnya, tebing yang berada pada ketinggian sekitar 1.200 mdpl sehingga dengan ketinggiannya inilah dari Tebing Keraton bisa dengan mudah serta jelas menyaksikan hamparan hijaunya pemandangan Taman Hutan Raya (Tahura) Djuanda yang menghampar luas sepanjang mata memandang. Bahkan bila datangnya pada saat pukul 6.00 WIB, maka masih dapat menyaksikan kabut bearada dibawah kita.
Versi sang founder atau penemu Tebing Keraton di daerah Dago Bandung ini sekaligus yang memberikan nama yang cukup unik tebing keraton yaitu Asep, beliau menamakan Tebing di bandung ini dengan istilah Tebing Keraton karena rasa kagum serta apresiasianya yang luar biasa akan keindahan alam yang ada di sekitar Tebing Keraton dan juga dari apa yang dilihat dari puncak atas tebing bandung yang fenomenal ini.
admin

Author admin

More posts by admin

Leave a Reply