Surga alam yang tersembunyi di Obyek Wisata Citumang Pangandaran

By June 28, 2017Wisata
Obyek Wisata Citumang Pangandaran
Obyek Wisata Citumang Pangandaran 
Desinasi wisata alam Citumang merupakan sebuah obyek wisata yang memiliki daya tarik khusus yang sudah mendunia, aliran sungai Citumang yang membelah hutan alam dengan airnya yang jernih kebiruan. Obyek wisata ini terletak di Desa Bojong, Kecamatan Parigi, Kab. Pangandaran, Jawa Barat.
Jalan menuju lokasi obyek wisata Citumang kurang lebih 15 km dari Pangandaran ke arah barat. Atau sekitar 4 km dari Jln. Raya Pangandaran – Cijulang. Selain menggunakan kendaraan pribadi, dapat pula menggunakan kendaraan umum jurusan Cijulang, dilanjutkan dengan kendaraan ojeg, dari ujung jalan dilanjut dengan jalan kaki menelusuri tepi sungai dan kebun pendudukan sepanjang 500 meter. Setelah melintasi pintu masuk, perjalanan yang harus ditempuh sekitar 300 meter untuk bisa sampai di titik tujuan. 
Hiasan alam di tepian sungai yang terdiri dari ornamen batu-batu cadas dan aliran sungai yang menembus ke dalam goa membuat tempat ini seperti surga yang tersembunyi. Indahnya panorama alam Citumang yang diiringi alunan musik alam yang dihasilkan dari gemercik suara air sungai serta desiran angin sejuk menerpa tubuh akan memberikan ketenangan jiwa bagi para pengunjung.
Pada kedalaman tertentu pengunjng dapat menikmatinya dengan mandi dan berenang. Lima ratus meter dari lokasi pamandian ke arah hulu, akan dijumpai pesona alam yang menakjubkan berupa aliran sungai Citumang yang masuk ke dalam perut bumi dan keluar lagi di arah hilir. Aliran sungai yang masuk ke dalam goa ini diberi nama Goa Taringgul yang kemudian diberikan nama baru sebagai Sanghyang Tikoro (Batara Tenggorokan).
Menurut cerita yang beredar di masyarakat setempat, nama Citumang berasal dari sebuah legenda yag meneritakan tentang seekor buaya bunting yang bernama Si Tumang. Begitu kuatnya kepercayaan penduduk akan kehadirna buaya buntung tersebut sehingga sampai sekarang meninggalkan nama yang melekat kuat menjadi nama sungai. 
admin

Author admin

More posts by admin

Leave a Reply