“SMILING WEST JAVA DIRECT PROMOTION” DI KOTA SURABAYA, JAWA TIMUR

By November 9, 2021Event

Bangkit bersama sambut kembali geliat ekonomi sektor pariwisata.

Surabaya Jawa Timur 8 November 2021, setelah sukses menggelar kegiatan “Smiling West Java Direct Promotion” yang pertama di Kota Pelajar Yogyakarta, kini giliran Kota Pahlawan Surabaya yang menjadi tempat penyelenggaraan kedua. Bertempat di HARRIS Hotel & Conventions Bundaran Satelit Surabaya, Jl. Mayjen HR. Muhammad No.2A. Kegiatan ini dihadiri oleh 41 sellers Jawa Barat, terdiri dari hotel,pengelola tempat wisata, tour and travel agent dan MICE, yang dipertemukan dengan 53 buyers dari Jawa Timur khusus menangani pasar inbound Jawa Barat.

Mewakili kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, kegiatan dibuka secara resmi oleh Aris Budi Subianto, S.Hut.,MSc., selaku Kepala Bidang Destinasi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, didampingi oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Parwisata Jawa Timur Sinarto, Skar.,MM. Dalam sambutannya Aris Budi Subianto berharap agar kegiatan ini menjadi awal inisiasi positif antara kedua daerah, yang harus dimaksimalkan dalam rangka percepatan pemulihan ekonomi khususnya sektor pariwisata.

Dengan adanya kegiatan kolaborasi dua wilayah ini akan meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara ke masing-masing daerah serta meningkatkan lama tinggal dan spending money wisatawan sehingga terciptanya perputaran ekonomi.

Sinarto Skar., MM Kepala Dinas Kebudayaan dan Parwisata Jawa Timur juga mengatakan bahwa Dunia Pariwisata saat ini sedang berikhtiar untuk bangkit dalam peningkatan pelayanan seperti Standar CHSE termasuk kegiatan saat ini. Semoga Ikhtiar ini bisa membangitkan dunia pariwisata guna menyongsong tahun 2022.

Setelah pembukaan dilanjutkan dengan acara Table Top bermetode Round Robin. Para sellers berdiskusi langsung dengan para buyers secara bergiliran untuk menawarkan paket-paket menarik yang telah mereka persiapkan. Kegiatan ini berlangsung kurang lebih selama 3 jam yang dibagi menjadi 2 sesi.

Pada malam harinya, acara dilajutkan dengan gala dinner untuk memberikan apresiasi kepada para buyers yang sudah memenuhi undangan dan fasilitasi bagi para peserta yang ingin melakukan pembahasan lebih mendalam. Selain itu, para peserta juga disuguhi hiburan interaktif kesenian khas Jawa Barat Saung Angklung Udjo, diselingi dengan pembagian door prize.

Dedi Taufik menjelaskan bahwa “Smiling West Java Direct Promotion” adalah Langkah percepatan pemulihan dan transformasi ekonomi daerah di Provinsi Jawa Barat khususnya sektor pariwisata yang dilakukan oleh Satuan Tugas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Daerah Provinsi Jawa Barat melalui Sub Divisi Pariwisata. Selama bulan November hingga Desember Event ini gelar di 7 Provinsi yaitu, D.I Yogyakarta, Jawa Timur, Riau, Sumatera Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan dan Provinsi Lampung. Kegiatan ini berkolaborasi bersama Asosiasi-asosiasi, seniman/budayawan dan akademisi pariwisata Jawa Barat.

Event yang mepertemukan sellers dan buyers ini sebagai momentum untuk menyambut masa liburan di tahun baru 2022 demi kebangkitan industri pariwisata pada pasar inbound ke-Jawa Barat. Satuan Tugas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Daerah Provinsi Jawa Barat melalui Sub Divisi Pariwisata. Setelah Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Timur “Smiling West Java Direct Promotion” akan dilaksanakan di Kota Pekanbaru pada 18 November 2021

 

 

 

 

 

 

 

admin

Author admin

More posts by admin

Leave a Reply