Gunung Bongkok Purwakarta

By June 25, 2017Wisata
Gunung Bongkok Purwakarta
Gunung Bongkok Purwakarta 
Gunung Bongkok Purwakarta adalah sebuah destinasi wisata yang cocok untuk dikunjungi oleh wisatawan dan pendaki pemula. Gunung setinggi 875 mdpl sangat bersahabat untuk didaki dan digunakan sebagai latihan atau pemanasan sebelum mendaki ke jajaran seven summit di negeri ini. Secara administrasi Gunung Bongkok terletak di Kampung Cikandang, Desa Sukamulya, Kecamatan Tegalwaru, Purwakarta.
Dari puncak Gunung Bongkok pengunjung dapat melihat keindahan waduk Jatiluhur dan Gunung Parang. Gunung ini memiliki dua puncak yang bernama Puncak Batu Tumpuk dan Puncak Datar. Selama ini Puncak Batu Tumpuk menjadi tujuan favorit para wisatawan, hanya saja puncak ini tidak terlalu luas dan hanya cukup menampung sekitar 30 orang saja. Ketika akhir pecan tempat ini selalu dipenuhi oleh pengunjung, sehingga untuk bisa naik ke puncak ini harus rela mengantri.
Gunung Bongkok menyimpan banyak cerita rakyat dan sejarah pada masa kejayaan Hindu-Budha. Di puncak Gunung Bongkok terdapat jejak telapak kaki manusia, tepatnya di sebuah bongkahan batu besar. Tetapi jejak telapak kaki kanan tersebut sekarang ini penuh dengan lumut. Masyarakat menyebutnya sebagai tapak kaki Ki Jonggrang Kalapitung.
Dalam cerita masyarakat setempat, Ki Jonggrang Kalapitung ini mempunyai ilmu yang jarang dimiliki oleh manusia biasa, sosok kesatria dalam ceita ini memiliki kesaktian yang luar biasa dan dapat digunakan untuk meloncati gunung, termasuk diantaranya Gunung Bongkok.
Rute menuju Gunung Bongkok
Rute yang ditempuh dari Bandung jika menggunakan kendaraan pribadi dapat melalui Cirata maupun Cianting kemudian lanjut ke arah Plered dan kecamatan Tegalwaru, dari sana kemudian belok kiri di pertigaan Simpang. Setelah pertigaan Simpang, pengunjung bisa bertanya kepada warga sekitar. Patokan lainnya yaitu SMPN 2 Tegalwaru, dari sana tidak jauh kemudian ada petunjuk arah naik ke puncak Gunung Bongkok.
admin

Author admin

More posts by admin

Leave a Reply