Disparpora Kab. Cianjur gelar Pelatihan Pemandu Wisata Ekowisata tahun 2019

By October 4, 2019Berita

Disparpora Kab. Cianjur gelar Pelatihan Pemandu Wisata Ekowisata tahun 2019

Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olah Raga Kabupaten Cianjur menyelenggarakan kegiatan Peningkatan Kapasitas Bagi Para Pelaku Pariwisata melalui Pelatihan Pemandu Wisata Ekowisata tahun 2019 diselenggarakan pada Tanggal 3-5 Oktober 2019 di Bumi Ciherang, Pacet Cianjur.

Peserta yang diikuti Oleh 35 Orang dari berbagai kelembagaan dan komunitas, antara lain : Himpunan Pramuwisata Indonesia, Asita, PHRI, Bumdes, BPBD, Kompepar, GenPI Cianjur, dan Influencer Media Sosial.

Kegiatan hari pertama difokuskan untuk registrasi dan pembagian KIT untuk Peserta Kegiatan tersebut.
Kegiatan dilanjutkan hari kedua, Acara Pembukaan secara resmi dilaksanakan dan dibuka langsung oleh Kepala Bidang Pemasaran.
Dilanjutkan dengan materi pertama untuk menyampaikan tentang Eco tourism Explanation oleh Kang Chacha Suta Aryana dari HPI Jabar.
Beliau menyampaikan dengan santai menyinggung sejarah ekowisata dan bagaimana sejatinya manusia untuk menyejahterakan perekonomian melalui ekowisata.

Disparpora Kab. Cianjur gelar Pelatihan Pemandu Wisata Ekowisata tahun 2019

Dilanjutkan materi kedua untuk menyampaikan Pramuwisata masih dengan Kang Chacha Suta Aryana, beliau menyampaikan Golongan Pramuwisata dan tugas serta peranan sebagai pramuwisata. Beliaupun menyampaikan sebagai seorang pramuwisata wajib untuk memahami potensi ekowisata yang dikembangkan di Indonesia dan memaparkan Tren Ekowisata.

Dilanjut materi ketiga tentang Pengetahuan Ekowisata yang disampaikan oleh Pak Sumaryadi.
Beliau memaparkan karakteristik ekowisata, Prinsip-prinsip mengembangkan ekowisata, Pengembanga Produk Ekowisata dan memberikan sebuah tips kepada peserta bagaimana caranya untuk menjadi Pemandu Wisata yang baik.

Dilanjut materi keempat tentang Teknik Pemandu Wisata /Ekowisata oleh Pak Ronal Andrianto.
Beliau menyampaikan bagaimana peran pemandu terkait dengan ekowisata dan memberikan gambaran Evaluasi Interpretasi sebagai tolok ukur berhasilnya pemandu wisata.
Kegiatan hari kedua telah selesai, seluruh peserta melaksanakan giat pribadi dan dilanjutkan keesokan harinya.

Hari ketiga, Peserta dan panitia bersiap-siap untuk melaksanakan perjalanan menuju D’Reungit Forrest, Kecamatan Sukanagara. Sebelum pemberangkatan, dilaksanakan berdoa dan Foto Bersama. Perjalanan kali ini dipandu oleh Pak Nano dari PHRI. Perjalanan kurang lebih 3 jam menuju lokasi. Selama perjalanan, peserta belajar untuk memandu perjalanan yang dipandu oleh Pak Khoirul Anam dari HPI, peserta sangat antusias dan perwakilan dari lembaga atau komunitas.
Setelah sampai D’Reungit Forrest, sebelum mekasanakan observasi, peserta putra melaksanakan Ibadah Sholat Jumat.
Setelah selesai peserta disuguhkan makan terlebih dahulu.
Dilanjut peserta berangkat ke tempat lokasi untuk melaksanakan kujungan dan observasi.
Kegiatan tersebut sekaligus penutupan kegiatan Peningkata Kapasitas Bagi Para Pelaku Pariwisata.

Bagaimana, menarik bukan artikel Disparpora Kab. Cianjur gelar Pelatihan Pemandu Wisata Ekowisata tahun 2019? bagi kalian yang ingin mengetahui lebih lanjut silahkan baca artikel yang lain ya.

admin

Author admin

More posts by admin

Leave a Reply