Tari Batik Lokatmala turut meriahkan Acara Pembukaan Pameran Seni Rupa Murni Kota Sukabumi

By October 23, 2018Event

yang ngaku orang Sukabumi pasti tau dong Batik Lokatmala Sukabumi? Batik asal Sukabumi yang semakin berkembang dari hari ke hari bukan saja di kenal di daerahnya bahkan sudah merambak ke Nasional sampai Internasional, Ceu Fonna panggilan akrab Pemilik Batik Lokatmala Sukabumi seakan tidak kehabisan ide untuk terus menghasilkan karya karya terbaik dari batik yang dihasilkannya sesuai dengan konsep awal yaitu mengangkat budaya daerah dan juga sekaligus untuk membantu menghidupi kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam rangka menumbuhkan kembali rasa cinta kepada kebudayaan traditional yang menjadi warisan leluhur. Kini, sejumlah motif batik tulis Lokatmala telah banyak dihasilkan. Setiap motif yang dibuat memiliki referensi dan filosofinya.
nah disamping membantik lokatmala juga mempunyai sanggar tari loh.,! yang diberi nama Sanggar Lokatmala , ada beberapa jenis tarian yang sudah di populerkan oleh sanggar lokatmala di antaranya tari Julang Ngapak, Tari Jaipong dan yang lainnya.
Hari Senin 22 Oktober 2018 Lokatmala mendapatkan kesempatan untuk mempersembahkan salah satu tarian terbarunya yaitu Tari Batik untuk tampil di acara Opening Ceremonial Pameran Seni Rupa Murni III bertempat di gedung seni AHER Kota Sukabumi yang dihadiri langsung oleh Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi dan Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Setiawan Hamami, di awali dengan tarian penyambutan sampai penampilan tarian di atas panggung.

Tari Batik Lokamatla ini merupakan tarian khas dari Sukabumi sekaligus mengenalkan budaya dan kearifan lokal serta mengenalkan batik Sukabumi kepada para tamu undangan yang hadir pada kegiatan tersebut, adapun motif batik yang digunakan yaitu Jenis Batik Tjiwangi dengan filosifi Legenda Nyi Mas Tjiwangi Cikundul dari Sukabumi.


Ceu Fonna mengatakan alhamdulillah Sanggar Lokatmala dipercayai untuk menampilakn tarian di pembukaan acara Pameran Seni Rupa Murni Kota Sukabumi “jujur saja sebetulnya Tarian ini dadakan dan latihannyapun hanya memerlukan Semalam sebelum besok tampil, bikin tusuk konde dari canting juga dadakan’. ungkapnya “Akan tetapi tambah ceu Fonna ‘Alhamdulillah bisa menampilkan yang maksimal terlihat dari antusias penonton yang menyaksikan sangat begitu menikmati’. Ucapnya


Ceu Fonna Juga berharap “Semoga Seni Murni dan Budaya Batik makin berkembang, Semakin tersosialisasikan bahwa batik maupun seni rupa murni adalah suatu proses perpaduan keilmuan, tehnik dan rasa yang menghasilkankarya seni berkearifan lokal yang bisa merepresentasikan Kota Sukabumi” ujarnya
Wow keren banget kan..? kalau kalian tertarik dengan hasil karya batik Lokatmala dan juga sanggar tari Lokatmala Sukabumi, jangan diem diem bae ,Kuy datang ke sukabumi dan Kunjungi Gerai nya di JL Kenari 20-Z Kota Sukabumi dan juga bisa tanya tanya seputar batik lokatmala langsung dengan pemiliknya.

admin

Author admin

More posts by admin

Leave a Reply