Helaran Budaya Meriahkan Ultah Kota Sukabumi ke 104

By April 2, 2018Event

Kamis, 28 Maret 2018 adalah event yang ditunggu – tunggu oleh masyarakat kota sukabumi khusus nyabudaya, karena Diporapar Kota Sukabumi menjadi penyelenggara Helaran Budaya dalam rangka memperingati HUT Kota Sukabumi yang ke 104.


Helaran budaya ini di hadiri oleh 15 Kota/Kabupaten di Jawa Barat dan 7 Kecamatan di Kota Sukabumi dengan menampilkan berbagai macam pertunjukan khas dari masing – masing peserta. Helaran budaya ini dimulai dari lapang merdeka kota sukabumi menelusuri jalan Re Martadinata – Jl. Siliwangi – Jl. RE Samsudin SH dan menunjukan atraksi khusus di depan para tamu undangan dan pejabat setempat yang menghadiri acara.
Penyelenggaraan acara Helaran ini selain peringatan HUT Kota Sukabumi yang ke 104, juga untuk menampilkan potensi – potensi pariwisata yang dimiliki dari setiap daerah dan perwakilan kecamatan di Kota Sukabumi.


Acara di mulai pada pukul 08.00 WIB dengan titik kumpul pertama di Lapang Merdeka Kota Sukabumi, para peserta helaran dari berbagai Kota/Kab se-Jawabarat berkumpul kemudian dilepas secara resmi oleh PLt Sekretaris Daerah Kota Sukabumi Drs.H. Saleh Makbullah M.Si
Acara dilanjut dengan pawai helaran berkeliling di sepanjang jalan protokol Kota Sukabumi dengan route yang dilalui Lapang Merdeka (star) – Jalan Perintis Kemerdekaan – Jalan R.E. Martadinata – Jalan Siliwangi – Jalan R. Syamsudin S.H. – Balai Kota Sukabumi (performing dan finish). Rombongan Helaran Budaya Jawa Barat berakhir tepatnya di podyum Utama depan balaikota Sukabumi, rombongan di sambut dengan prosesi penyambutan oleh tari tarian khas dari Kota Sukabumi.
setelah prosesi penyambutan rombongan Helaran dilanjutkan berjalan ke depan podyum utama yang dihadiri oleh Muspida Kota Sukabumi dan tamu undangan lainnya.


Tepat di Podyum Utama Para Peserta Helaran tiap daerah menampilkan Kesenian masing masing daerahnya yang sudah disiapkan.
Satu persatu peserta tiap daerah termasuk Tuan Rumah Kota Sukabumi dengan ke-7 Kecamatannya tampil dengan ciri khasnya masing masing mulai dari Fashion, Atraksi, Kesenian dan kreatifitas dari masing masing daerah.
GenPi Jawa Barat turut hadir dalam kegiatan ini. hal ini dimaksudkan untuk memperkuat tali silaturrahmi antar daerah, dan sebagai bagian dari rencana pengembangan GenPi Sukabumi.
Selain itu, GenPi jawa Barat berkoordinasi dengan GenPi Nasional telah sukses dalam menaikkan hastag #PesonaBudayaHUTKotaSukabumi menjadi trending topic di twitter pada Rabu (28/3). hal ini tentunya menjadi upaya dalam rangka mempromosikan pariwisata Indonesia dan kekayaan budaya bangsa pada dunia.
selain dimeriahkan oleh pertunjukan seni dan budaya, Helaran ini pun semakin ramai dengan antusias masyarakat yang menyaksikan jalannya helaran, dan mengabadikan momen selama kegiatan berlangsung. karenanya, kegiatan ini pun didukung dengan penyelenggaraan lomba foto instagram GenPi Sukabumi.
lomba foto instagram GenPi Sukabumi yang dilaksanakan selama Helaran berlangsung menjadi keunikan tersendiri bagi masyarakat. kenapa? karena, untuk pertama kalinya Helaran Seni dan Budaya yang selalu menjadi kegiatan rutin Kota Sukabumi, dalam menyambut Hari Jadinya dimeriahkan dengan lomba foto. antusiasme masyarakat untuk mengikuti sangatlah tinggi. terbukti dari jumlah keikutsertaan peserta yang mencapai 152 peserta, terhitung deadline pada pukul 15.00.
Lomba Foto Instagram GenPi Sukabumi ini bertujuan untuk mengangkat kegiatan Helaran Seni dan Budaya, juga dalam mengembangkan kebiasaan masyarakat yang senang bermedia sosial menjadi suatu pertandingan yang bermanfaat.

admin

Author admin

More posts by admin

Leave a Reply