Kegiatan Upacara Adat Sedekah Bumi akan di Laksanakan lagi

By March 24, 2018Tips

  SECARA HISTORY
Berdasarkan hasil penelitian, kegiatan Upacara Adat SEDEKAH BUMI ini merupakan fragmen dari kegiatan SEREN TAUN yang wajib dilaksanakan setiap tahun di seluruh peloksok teritorial Pajajaran (kabuyutan). Baik di Dayeuh Pakuan (Ibu Kota/Pusat Pemerintahan) maupun di seluruh wilayah Raja-raja Daerah (semacam wilayah Kabupaten) dan Kapuunan (semacam wilayah Kecamatan).
Upacara Adat Sedekah Bumi merupakan salah satu perwujudan dari HARMONISASI HUBUNGAN antara Manusia dengan Alam dan Manusia dengan Manusia serta Manusia dengan Tuhannya yang dimanifestasikan dalam prosesi Ritual Sunda jaman dahulu selain sebagai ungkapan rasa syukur atas anugerah nikmat yang telah dikaruniakan oleh Yang Maha Kuasa.

Upacara Adat Sedekah Bumi yang akan digelar, hanya berupa fragmen yang berhasil direvitalisasi berdasarkan hasil kajian yang bersifat tradisional. Kegiatan ini dapat dikatakan gelaran sekarang karena isi dari kegiatan disesuaikan dengan kondisi masyarakat sekarang, namun tidak mengurangi filosofi dan tingkat kesakralan kegiatan tersebut.

admin

Author admin

More posts by admin

Leave a Reply