Hari jadi Kota Sukabumi ke 104

By March 21, 2018Tips

Tahukah kalian Kota Sukabumi sekarang sudah berumur 104 tahun , umur yang terbilang sudah tidak muda lagi. kota yang di juluki sebagai Kota Moci, Kota Santri dan Kota Polisi ini memiliki Suasana yang sejuk dan asri karena di kelilingi oleh beberapa gunung diantaranya Gunung Gede dan gunung Pangrango, anak anak zaman now menyebutkan Kota Sukabumi dengan sebutan Kota Kecil sejuta cerita, ya, memang karena Kota Sukabumi merupakan Kota dengan wilayah Adminitratif terkecil dijawabarat hanya memliki Luas 48.42 km2. Terdiri dari 7 Kecamatan dan 33 Kelurahan dengan Populasi Total sekitar 321,097 jiwa (data BPS Kota Sukabumi tahun 2016). berbeda dengan kabupaten sukabumi yang memiliki luas terbesar di pulau jawa dan Bali. karena itu Kota dan kabupaten Sukabumi tidak bisa terpisahkan keduanya bagaikan suatu ikatan yang sangat erat dan saling membutuhkan.


Walaupun kota sukabumi di sebut wilayah terkecil di Jawabarat tapi jangan salah destinasi wisatanya pun tak kalah dengan kota kota lainnya di Indonesia, mau tahu..? Di Kota Sukabumi ada beberapa destinasi wisata yang tersebar di pusat kota dan perbatasan dengan wilayah Kabupaten Sukabumi, diantaranya yaitu wisata kreatif dengan andalannya yaitu kuliner dan fashion. ada banyak sajian kuliner yang harus kalian coba ketika berada di Kota Sukabumi, ada yang bilang ga akan kompilt kalau ke kota sukabumi tidak mencoba kulinernya, ini dia diantaranya selain mochi Sukabumi yang sudah terkenal sampai ke mancanegara ada juga Bubur Bunut, Bandros Ata, Sekoteng Singapoer, Nasi uduk Ungu, Mie Bakso Super H Achmad Sudja’i, Tutug Oncom, Geco alias Toge dan Tauco, Roti priangan, Bolu Pisang Sukabumi, surabi dan yang lainnya.

Moci

Tidak hanya Kulinernya saja Fashion di Kota Sukabumi cukup terkenal diantaranya ada batik kota sukabumi yang mulai di gendrungi oleh masyarakat lokal maupun masyarakat di luar Kota Sukabumi.
setelah wisata kreatif ada juga Wisata cagar budaya, nah wisata cagar budaya ini meliputi bangunan heritage yang menjadi legenda di kota sukabumi mau tau ada apa aja..? salah satunya ada Balaikota Sukabumi yang merupakan bangunan administratif utama bagi pemerintahan kota dan biasanya memuat dewan kota, departemen terkait dan para pegawainya. Di sinilah, walikota menjalankan fungsinya, kemudaian ada Stasiun Sukabumi yang dibuka pada tahun 1882, Rumah Bekas Tahanan Bung Hatta dan Syahrir merupakan Rumah khas Belanda yang dibangun pada tahun 1926, Gereja siding Kristus Sukabumi yang berdiri sejak tahun 1911, kemudian ada Vihara Widhi Sakti pertama kali dibangun pada tahun 1916 ada lagi Gedung Juang sukabumi yang berdiri sejak Tahun 1906 yang fungsi awalnya sebagai sebagai tempat pertemuan masyarakat dan dari situlah nama societeit soekamanah diberikan kepada gedung ini, masih ada lagi wisata cagar budaya yang harus kalian kunjungi ini dia Museum Pegadaian sukabumi Museum pertama di Indonesia yang memperkenalkan berbagai hal tentang sejarah kepegadaian, terletak di Jalan Pelabuhan II Citamiang, Kota Sukabumi Berada di satu lokasi dengan kantor pegadaian Sukabumi yang didirikan pada tanggal 1 April 1901, ada juga Kantor Pos Sukabumi yang dibuka pada tanggal 1 Mei 1873.

Terakhir Kota Sukabumi juga memiliki wisata alam diantaranya ada Kawasan Agroeduwisata Cikundul sebagai edukasi, konservasi dan wisata yang berbasis pertanian dan satu lagi ada pemandian air panas Cikundul berbasiskan sumberdaya alam yaitu air panas.

Hari Ulang Tahun Kota Sukabumi yang ke-104 jatuh pada tanggal 1 April 2018, ada beberapa rangkaian yang merupakan bagian dari kemeriahan ulang tahun Kota Sukabumi diantaranya Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (DISPORAPAR) kota Sukabumi menggelar “HELARAN SENI BUDAYA JAWA BARAT” yang sangat di tunggu tunggu oleh masyarakat sukabumi dan sekitarnya, diikuti oleh beberapa kota dan kabupaten di jawa barat dan 7 kecamatan di kota sukabumi yang akan diselenggarakan pada hari Kamis, 29 Maret 2018.
Helaran Budaya yang menampalkan ragam rupa keunikan seni dan budaya daerah di Jawa Barat ini akan dilaksanakan dengan rute start dari lapang merdeka kota sukabumi, dan berakhir di depan Balaikota Sukabumi jl. Syamsudin SH dengan menampilkan performing art masing – masing peserta.

Suguhan penampilan yang menarik tentunya akan membuat kagum para pemgunjung yang hadir ada banyak penampilan dalam gelar acara helaran tersebut, seperti ada angklung dari kabupaten sumedang, singo barong dari pangandaran, penampilan bebegig dari kabupaten garut, ngala belut dari kabupaten cianjur, penampilan tari – tarian dan promosi pariwisata dari kabupaten sukabumi, dan penampilan dari 7 kecamatan se-Kota Sukabumi akan menampilkan keunikan kecamatan masing -masing seperti penampilan Tari Mochi, boles, ngagotong lisung, pencak silat, ngageulis, Perkumpulan seni cibeureum, buah naga dan lain lainnya.
acara helaran ini akan digelar mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai, banyak masyarakat yang antusias untuk menyaksikan perhelatan tahunan ini di Kota Sukabum, bahkan beberpa komunitas yang ada di Kota Sukabumipun akan ikut memeriahkan acara tersebut termasuk anak anak dari Generasi Pesona Indonesia (Genpi) ikut andil dalam kegiatan tersebut.
ada yang menarik juga dari Acara Helaran Seni Budaya ini dimana setiap peserta akan diberikan penilaian dan tentunya mendapatkan hadiah berupa tropy dan uang pembinaan, di nilai oleh tim juri dari panitia acara dengan kriteria penilaian dilihat dari kreativitas, penampilan, lokalitas, artistik, keutuhan, bentuk serta totalitas.
tunggu apalagi yuk datang ke Kota Sukabumi Kota Kecil Sejuta cerita, dan rasakan keseruan pada acara Helaran Seni Budaya Jawa Barat dalam Rangka Hari Jadi Kota Sukabumi yang ke 104 Tahun.

admin

Author admin

More posts by admin

Leave a Reply